Selasa, 11 Oktober 2016

RASA SAKIT ADALAH SINYAL POSITIF TUBUH (Bag 2)


Tulisan ini adalah bagian ke 2 dari tulisan bagian ke 1 sebelumnya di sini
Gejala sakit selanjutnya adalah:
3. Rasa mual
Rasa mual adalah sinyal bahwa mesin cerna kita sedang rusak atau bermasalah. Bisa juga telah terjadi penumpukan banyak toksin pada organ pencernaan kita. Dalam kondisi seperti ini, tugas kita adalah mengistirahatkan dan memperbaikinya dengan cara colon cleansing, atau paling tidak dengan makan hanya makanan yang sangat mudah dicerna seperti berbagai jus buah dan sayur sesuai dengan kebutuhan tubuh dan gejalanya.

Termasuk rasa mual yang dirasakan ibu hamil adalah sinyal positif bahwa sistem cernanya sedang bermasalah. Sebuah negara pernah mengalami sebuah fenomena aneh, dalam beberapa tahun di negara tersebut sering terjadi peristiwa bayi lahir cacat, belum sempurna tempurung kepalanya, dan lain sebagainya. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut didapati bahwa, para ibu dari bayi- bayi ini mengkonsumsi obat anti mual selama hamil agar tetap doyan makan karena harapan agar jangan sampai ia kekurangan nutrisi, dengan demikian janinnya pun akan tercukupi asupan nutrisinya. Itu terjadi saat awal-awal ditemukannya obat anti mual ibu hamil di sana. Ternyata, ketika sistem cerna bermasalah ia harus diistirahatkan beberapa waktu. Jika dipaksa dengan tetap memasukkan makanan ke dalamnya, maka makanan itu justru tak dapat dicerna dan mengalami pembusukan yang selanjutnya menyebabkan tertimbunnya toksin dalam tubuh.

Ini salah satu contoh respon yang salah terhadap sinyal positif tubuh. Seharusnya bukan rasa mual itu yang ditekan, akan tetapi penyebabnyalah yang harus diselesaikan.

4. Diare
Apabila anda mengalami diare tiba-tiba anda perlu bersyukur, itu menandakan sistem koordinasi antar organ cerna anda masih aktif. Pada beberapa kasus diare menandakan bahwa toksin banyak menumpuk dalam organ sistem pencernaan. Tapi kebanyakan pada umumnya, diare muncul ketika kita salah makan atau karena makanan yang kita konsumsi tidak higienis. Dengan demikian, pencernaan akan segera mengeluarkannya tanpa perlu diserap saripatinya. Karena itu akan membahayakan tubuh.

Langkah yang perlu kita lakukan adalah menghentikan semua makanan yang masuk agar akumulasi bakteri penyebab diare bisa dihentikan, dan menggantinya dengan cairan yang banyak seperti mengonsumsi madu hangat (jika pasien sindrom dingin) atau air kelapa muda (jika pasien sindrom panas).

5. Demam
Demam bisa menjadi indikator adanya infeksi dalam tubuh, atau sinyal tubuh karena terjadi penumpukan toksin atau racun dalam sistem tubuh kita. Bahkan seringkali demam merupakan reaksi positif tubuh dalam melawan patogen dari luar tubuh.

Jika tubuh mengandung banyak toksin maka tubuh akan meningkatkan suhu panas tubuh guna membakar atau menetralisasi kelebihan toksin yang harus dikeluarkan. Begitu pula jika ada patogen luar yang masuk ke dalam tubuh maka tubuh akan meningkatkan suhunya untuk melawan patogen itu agar tidak sampai masuk ke dalam organ. Bayangkan, jika demam ini diredam dengan obat penurun panas. Maka proses pembersihan toksin dan atau aktifitas perlawanan tubuh terhadap patogen itu sama saja dihentikan. Maka justru akan merugikan tubuh meskipun orang awam mengiranya sembuh karena mereka memahami bahwa demam itu penyakit dan jika sudah turun demamnya berarti ia sembuh.

Sebetulnya tugas kita adalah ketika terjadi demam adalah memberikan ekstra cairan kepada tubuh melalui minum banyak air agar keseimbangan cairan tubuh terjaga dan tidak terjadi dehidrasi. Obat penurun panas hanya boleh diberikan apabila panas tubuh tidak terkontrol dengan pemberian cairan ekstra dan kompres lokal. Lebih luas tentang permasalahan demam, silahkan ikuti tautan ini

Jadi, gejala penyakit adalah:
- cara tubuh memohon perhatian kita untuk melakukan suatu perbaikan nyata ketika tubuh tak mampu melakukan tugas rutinnya.
- cara tubuh memohon untuk diberi nutrisi seimbang sesuai kebutuhannya.
- cara tubuh memohon pembersihan dari penumpukan toksin atau sampah metabolisme.
- cara tubuh menuntut haknya yang barangkali sering kita abaikan dan terlalu kita forsir.

GRIYA SEHAT ALBIRUNI:
Jl. Belitung II No. 10 GKB Gresik Jawa Timur
089683188424
(Gratis konsultasi via ponsel)
Tersedia juga layanan home care therapy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar