Jumat, 07 Oktober 2016

Pola Hidup Menentukan Seberapa Sehat Anda


Terkait pola makan, pola hidup, dan pola pikir sehat, penelitian menyebutkan bahwa penyakit kronis lebih sering disebabkan oleh satu hal yang kadang luput dari perhatian kita: Gaya Hidup. Perkiraan sekitar 80% penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2, dan 40% penyakit kanker sebenarnya bisa dihindari apabila faktor-faktor riskan yang disebabkan oleh gaya hidup dieliminasi sedemikian rupa.

Banyak orang sekarang menjalani gaya hidup tidak sehat. Untuk menghemat waktu, kita cenderung menyukai makanan siap saji atau instan. Makanan siap saji juga identik dengan waktu makan yang cepat, untuk menghemat proses masak sekaligus proses makan. Belum lagi jenis-jenis makanan lain yang mengandung kalori tinggi berasal dari lemak hewani, daging, dan roti-rotian. Makanan berlemak tinggi dan bervitamin rendah justru “menginjeksikan” racun ke dalam tubuh kita, dan bukannya nutrisi yang semestinya sangat dibutuhkan.  Pada akhirnya kita cenderung rentan dan mudah sekali mengalami serangan jantung, obesitas, hipertensi, diabetes, dan kanker.

Penelitian menunjukkan sekitar 14% sampai 20% kanker yang menyebabkan kematian berkaitan dengan kelebihan berat badan dan obesitas, yang biasanya diakibatkan oleh kurangnya aktivitas tubuh. Kita harus tetap aktif untuk membakar lemak dan kalori, meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Tingkat aktivitas tubuh yang rendah ditambah dengan konsumsi kalori yang tinggi menyebabkan berbagai resiko kesehatan kompleks seperti berat badan berlebih, resiko penyakit kardiovaskular, hingga kematian prematur (termasuk di antaranya karena penyakit jantung, diabetes, dan kanker).  Studi juga menyebutkan gaya hidup dan rutinitas yang buruk dapat mempercepat proses penuaan (penuaan dini).

Ada banyak penelitian di Amerika dan beberapa negara lain menyebutkan bahwa 1/3 kematian karena kanker disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas tubuh. Bahkan ada penelitian yang menyimpulkan bahwa jumlah penderita diabetes yang berkisar 5,6% di tahun 2006 akan bertambah menjadi dua kali lipat, sekitar 12%, di tahun 2050. WHO memperkirakan jumlah orang yang memiliki berat badan berlebih akan bertambah sekitar 2.3 milliar di tahun 2015, dan jumlah penderita obesitas sekurang-kurangnya adalah 700 juta.
Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penyakit-penyakit kronis sebenarnya bisa dihindari dengan cara yang sangat mudah dan tanpa biaya: pola makan sehat; pola pikir sehat, dan gaya hidup yang seimbang; menghindari stress; dan, menghindari konsumsi zat2 berbahaya seperti rokok dst. Masihkah anda menyepelekannya?

Baca lebih lanjut tentang bahaya kelebihan nutrisi di sini

GRIYA SEHAT ALBIRUNI:
Jl. Belitung II No. 10 GKB Gresik Jawa Timur
089683188424
(Gratis konsultasi via ponsel)
Tersedia juga layanan home care therapy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar